Widget HTML Atas

3 Alasan Kerabat Hobi Bertanya Kapan Nikah dan Kapan Punya Anak di Momen Lebaran


Momen Lebaran merupakan saat kita berkumpul bersama keluarga, baik keluarga inti maupun keluarga jauh guna merayakan Hari Raya Idul Fitri. Ketika bertemu anggota keluarga jauh atau orang yang jarang berkomunikasi dengan kita, sering ada pertanyaan pribadi seperti "kapan menikah?", "kapan punya anak?", "kapan punya rumah sendiri?", dan lain sebagainya. Segelintir pertanyaan tersebut mungkin terdengar biasa saja. Namun bisa saja, bagi beberapa orang, pertanyaan tersebut terasa menyudutkan. Lalu, apa alasan sebagian orang cenderung menanyakan pertanyaan "kapan" saat Lebaran?

Alasan orang tanya "kapan" saat Lebaran Dosen Psikologi di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Laelatus Syifa menyampaikan bahwa ada tiga alasan seseorang menanyakan "kapan" kepada lawan bicaranya. 

Pertama, orang biasanya akan dianggap "baik" jika mereka murah hati, suka membantu, dapat diandalkan, dan memperhatikan kebutuhan orang lain. "Menanyakan kabar yang mungkin terasa pribadi sebenarnya adalah bentuk lain bahwa seseorang peduli dengan kondisi orang yang lainnya. Misalnya, apakah seseorang sudah memiliki ini atau itu? Apakah jika belum sebenarnya dia perlu bantuan?" ujar Latus

Kedua, tidak adanya batasan antara kehidupan pribadi (domestik) dan sosial. Latus menjelaskan, berdasarkan budaya kolektivis akan lebih mungkin menggambarkan orang yang suka bertanya "kapan" ini sebagai bagian dari masyarakat sosial. Dalam hal ini mengakibatkan tidak adanya batasan antara kehidupan pribadi (domestik) dan sosial. 

"Jadi pertanyaan itu tidak dianggap sebagai sesuatu yang menyinggung tetapi adalah masalah bersama sebagai bentuk kepedulian," ujar Latus. 

Ketiga, karena sudah menjadi kebiasaan. Apabila kita sering terpapar atau dihadapkan dengan situasi sosial yang menghadapkan kita pada pertanyaan-pertanyaan pribadi seperti itu, bisa membuat kita tanpa sadar atau secara otomatis mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan itu sebagai pembuka pembicaraan dengan orang lain.

BACA SELENGKAPNYA "Bagi saya jauh lebih nyaman 'mengajak ngobrol dari sisi orang yang kita ajak bicara' ketimbang kita sibuk menasehati orang lain dengan nilai/pandangan kita sendiri,"

SUMBER: kompas.com


Tidak ada komentar untuk "3 Alasan Kerabat Hobi Bertanya Kapan Nikah dan Kapan Punya Anak di Momen Lebaran"