Widget HTML Atas

3 Hari Libur Lebaran, Wisata Patung Yesus Hasilkan Rp 100 Juta ke Tana Toraja


Tana Toraja - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja meraup pendapatan Rp 100 juta dari retribusi objek wisata patung Yesus Buntu Burake di Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel). Penerimaan itu diraih dari 10.000 ribu wisatawan yang berkunjung memasuki H+3 libur Lebaran.
"Untuk hari ketiga libur lebaran ini sudah mencapai lebih 10 ribu pengunjung," kata Kabid Pajak dan Retribusi Bapenda Tana Toraja, Genos Payangan kepada detikSulsel, Kamis (5/5/2022).

Pendapatan dari retribusi senilai total Rp 100 juta itu diterima dengan asumsi harga tiket yang ditarik dari pengunjung seharga Rp 10 ribu per orang.

"Kalau ambil dari harga tiket Rp 10 ribu satu pengunjung dewasa, retribusi yang kita dapat sudah Rp 100 juta hari ke tiga ini," lanjut dia.

Genos mengungkapkan, tahun 2021 lalu penerimaan dari retribusi objek wisata patung Yesus Buntu Burake sedikit. Namun tahun ini penerimaan retribusi ini diprediksi akan meningkat hingga akhir pekan.

"Tahun lalu di hari libur lebaran retribusi yang kita dapat juga tidak terlalu banyak, hanya puluhan juta kalau tidak salah. Kalau tahun ini diprediksi itu dua kali lipat, bahkan tiga kali lipat retribusi yang kita dapat," ungkap Genos.

Lonjakan pengunjung di objek wisata patung Yesus Buntu Burake membawa angin segar bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Pendapatan meningkat dengan keuntungan rerata hingga Rp 3 juta per harinya.

"Tidak seperti tahun lalu, tahun ini memang ramai sekali. Tiap hari kita dapat pembeli sampai Rp 3 juta. Bahkan ada sampai Rp 5 juta," beber salah seorang pedagang pernak-pernik khas Toraja, Rima.

Salah seorang pengunjung asal Soppeng, Arsyad mengaku penasaran dengan objek wisata patung Yesus Buntu Burake. Makanya dia memilih menghabiskan masa libur lebaran di Toraja.

"Penasaran jadi kesini. Apalagi jalan menuju tempat wisata disini sudah bagus semua, harga tiket murah, jadi memang mempermudah semua," tandasnya.

BACA SELENGKAPNYA Diketahui objek wisata tersebut menarik minat wisatawan dengan kemegahan patung Yesus tertinggi di dunia dengan tinggi 45 meter dari permukaan laut. Dari ketinggian Buntu Burake, pengunjung bisa melihat pemandangan Kota Makale, ibu kota Tana Toraja.

SUMBER: detik.com


Tidak ada komentar untuk "3 Hari Libur Lebaran, Wisata Patung Yesus Hasilkan Rp 100 Juta ke Tana Toraja"