Widget HTML Atas

Dituding Bikin Gatal Tenggorokan, Jus Nanas Terbukti 5 Kali Lebih Ampuh Daripada Obat Batuk


 


Nanas walau memiliki perpaduan rasa yang segar, yaitu antara rasa asam dan rasa manis, rupanya nanas juga sering menjadi biang keladi gatal tenggorokan.

Nanas dikenal kaya akan vitamin C yang melawan penyakit  dan serat yang baik untuk tubuh, khususnya untuk pencernaan.

Selain itu, nanas juga mengandung bromelain, yaitu enzim dengan sifat anti-inflamasi (mengurangi peradangan).

Kombinasi nutrisi ini membantu melawan penyakit dan membunuh bakteri, termasuk bakteri yang ditemukan di tenggorokan.

Faktanya, penelitian telah menemukan bahwa ekstrak mentah dari buah nanas dapat mengurangi lendir lima kali lebih cepat daripada sirup obat batuk yang dijual bebas.

Jus nanas dapat mengobati sebagian besar batuk yang berkepanjangan, asalkan batuk tersebut tidak berasal dari penyakit yang lebih serius seperti pneumonia (infeksi paru).

Saat sedang pilek, gantilah sirup obat batuk dengan minum jus nanas. Selain lebih murah dan sehat, rasanya pun jauh lebih baik.

Selain semua nutrisi yang ditemukan dalam nanas, minum jus nanas bisa membantu meredakankan sakit tenggorokan dengan mengeluarkan lendir.

Lendir yang kental dan membandel di paru-paru atau sinus dapat menyebabkan batuk yang parah, bersin, dan infeksi yang menyakitkan.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Der Pharma Chemica pada 2010, para peneliti berusaha menemukan pengobatan yang bermanfaat bagi pasien yang menderita tuberkulosis (TBC).

Sebagai bagian dari penelitian, mereka menemukan bahwa campuran jus nanas, lada, garam, dan madu, yang diberikan pada pasien setiap hari dapat membantu melarutkan lendir di paru-paru sehingga membersihkan tenggorokan mereka yang sakit.

Membuat jus nanas sendiri jauh lebih baik daripada jus kemasan yang dijual di toko atau swalayan.

Jus kemasan yang dibeli di toko mengandung segala jenis bahan tambahan tidak sehat seperti gula ekstra dan sirup jagung tinggi fruktosa.

Maka dari itu buatlah sendiri jus nanas yang tidak mengandung gula tambahan, atau cukup peras sari buahnya sendiri langsung dari nanas segar.

Melansir dari lifehack.org, inilah resep jus nanas untuk benar-benar menyingkirkan batuk.

* 1 cangkir jus nanas segar

* 1/4 cangkir jus lemon segar

* 1 potong jahe (sekitar 3 inci)

* 1 sendok madu mentah

* 1/2 sdt lada merah

Campurkan semua bahan tersebut dan minumlah 1/4 gelas campuran tersebut 2-3 kali sehari dan ulangi setiap hari hingga batuk mereda.

BACA SELENGKAPNYA Namun, di samping rasanya yang segar, nanas rendah kalori dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

health.grid.id


Tidak ada komentar untuk "Dituding Bikin Gatal Tenggorokan, Jus Nanas Terbukti 5 Kali Lebih Ampuh Daripada Obat Batuk"