Widget HTML Atas

17 Kerbau Terjangkit PMK di Tana Toraja Dinyatakan Sembuh

Foto: Pasar hewan di Toraja Utara ditutup buntut temuan gejala PMK pada 7 ekor kerbau (Dok. Istimewa).

GANDANGBATU.COM - Dinas Pertanian dan Peternakan Tana Toraja mengklaim ada 17 kerbau sembuh dari gejala klinis penyakit mulut dan kuku (PMK). Salah satu metode penyembuhannya dengan pemberian obat herbal.
"Dari 28 kerbau positif PMK, ada 17 kerbau yang sudah sembuh dari gejala klinis seperti, mengeringnya luka di bagian kuku, kerbau tidak mengeluarkan liur secara berlebihan dan sudah aktif makan," kata petugas Dinas Pertanian dan Peternakan Tana Toraja drh Lerin kepada detikSulsel, Kamis (14/7/2022).

drh Lerin mengungkapkan, umumnya kerbau terkonfirmasi PMK akan sembuh dalam 6 bulan, namun saat pihaknya melakukan beberapa terapi kepada kerbau sehingga proses penyembuhannya lebih cepat. Beberapa terapi yang dilakukan di antaranya terapi injeksi, pemberian vitamin secara berkala, dan desinfeksi untuk menghilangkan mikroorganisme patogen terhadap kerbau.

"Umumnya 6 bulan sembuh, tapi kami memang ada langkah-langkah terapi. Sekarang ini belum ada kerbau PMK yang mati, yang 17 kerbau sembuh ini sudah lancar makan juga," ungkap drh Lerin.



Tak hanya itu, selama dilakukan terapi, Dinas Pertanian dan Peternakan Tana Toraja juga rutin memberikan ramuan herbal untuk meningkatkan stamina kerbau yang terkonfirmasi PMK. Beberapa ramuan herbal yang diberikan di antaranya ramuan berbahan gula merah, madu, dan kunyit.

"Ramuan herbal pun kami berikan. Karena kerbau yang PMK ini kan sama sekali tidak mau makan yah, jadi kita berikan madu, gula merah, kunyit. Itu dicampur dan diberikan ke kerbau untuk dikonsumsi," jelas drh Lerin.

Meski demikian pihaknya tetap menyarankan adanya vaksinasi hewan ternak di Tana Toraja untuk mencegah meluasnya virus PMK. Vaksin harus tetap dilakukan untuk mencegah penyebaran virus ini.

BACA SELENGKAPNYA "Sementara ini kami masih melakukan pemetaan populasi ternak di Tana Toraja dulu, baru nanti kami mengusul berapa jumlah vaksin dibutuhkan. Karena vaksin di Pemprov terbatas kami akan prioritaskan hewan ternak yang ada di sekitar ternak yang terkonfirmasi PMK," jelasnya.

SUMBER: detik.com


Tidak ada komentar untuk "17 Kerbau Terjangkit PMK di Tana Toraja Dinyatakan Sembuh"