Widget HTML Atas

Kerbau Ngamuk Diacara Rambu Solo di Bastem, Satu Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

 


GANDANGBATU.COM -- Seekor kerbau mengamuk pada pesta upacara pemakaman atau adat Rambu Solok di Kecamatan Bastem, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Akibatnya, satu orang diseruduk hingga terkapar di tengah jalan.
Video kejadian kerbau mengamuk di pesta adat Rambu Solok viral di media sosial.

Video berdurasi sekitar 32 detik itu, memperlihatkan seekor kerbau yang lepas dan lari ke arah kerumunan warga yang sementara melakukan acara adat kematian sebelum dimakamkan. Kemudian kerbau itu menyerang setiap orang yang berada di depannya, hingga seorang pria yang berpakaian baju merah dan memakai topi langsung diserang.

Meski korban sempat menghindar, kerbau tersebut tetap mengejar dan menyeruduk korban sampai terkapar.

"Benar, Kerbau sudah berhasil diamankan tadi," kata Kapolres Luwu, AKBP Fajar

Fajar menuturkan saat ini pihaknya tengah fokus dengan keselamatan korban setelah diseruduk kerbau yang lepas di acara adat Rambu Solok tersebut.

"Terpenting saat ini, penanganan terhadap korban dulu, keselamatan korban dulu diutamakan. Terkait perawatan medis terhadap korban," ujarnya.

Akan tetapi, kata Fajar pihaknya juga akan melakukan pemanggilan terhadap sejumlah orang yang berada di lokasi saat terjadinya seekor kerbau mengamuk dan menyerang warga.

"Kemudian kami akan laksanakan lidik, panggil saksi saksi kejadian untuk menentukan langkah selanjutnya," imbuhnya.




Kerbau yang mengamuk merupakan salah satu kerbau yang dibawa oleh rombongan ke acara rambu solo, kerbau tersebut lepas saat prosesi penerimaan rombongan tamu berlangsung.

Saat sedang berlangsung iringan rombongan tamu, sontak kerbau itu mengamuk, awalnya hendak menyerang kerbau yang ditarik oleh penjemput tamu undangan, seketika kerbau berbalik lalu menyerang tamu yang berada di pondok.

Kerbau yang tinggi besar itu mengejar seorang pria yang mengenakan switer merah, saat dikejar, pria nahas itu tersungkur lalu diseruduk oleh kerbau.

Korban yang diseruduk kerbau dilarikan ke Pustu terdekat dalam keadaan tidak sadarkan diri, korban mengalami luka berdarah dibagian jidat.

Selain seruduk pria memakai switer merah, kerbau itu juga seruduk emak-emak namun korban tidak mengalami luka serius.

“Kerbau yang dibawa rombongan lepas, mengamuk membabibuta, semua yang ada didekatnya dikejar, kuda, rusa termasuk dua orang diseruduk, tapi yang satunya tidak luka serius, yang satunya dibawa ke Pustu,” Kata warga yang menyaksikan kerbau mengamuk.

Saat dirujuk ke Rumah Sakit Palopo, korban yang identitasnya belum diketahui itu dikabarkan sudah sadarkan diri, dan kondisinya makin membaik, sementara satu korban lainnya hanya dirawat sementara di posko kesehatan yang disiapkan oleh pemilik acara.

“Alhamdulillah, kita barusan dapat kabar kalau korban yang diseruduk kerbau sudah sadarkan diri,” Kata pemandu acara melalui pengeras suara.

READ MORE Usai mengamuk, kerbau kabur ke dalam hutan, kerbau itu berhasil dilumpuhkan beberapa menit setelah kejadian.

SUMBER REFERENSI:
  • batarapos.com
  • cnnindonesia.com


Tidak ada komentar untuk "Kerbau Ngamuk Diacara Rambu Solo di Bastem, Satu Orang Dilarikan ke Rumah Sakit"