Widget HTML Atas

Rencana Pemekaran Toraja Barat, 11 Kecamatan Diklaim Bakal Bergabung


Tana Toraja - Rencana pemekaran Toraja Barat, Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk menjadi daerah otonomi baru kembali mencuat. Panitia pembentukan otonomi baru mengklaim sudah ada 11 kecamatan yang bakal bergabung.
"Ada 11 Kecamatan yang akan bergabung," ujar Ketua DPRD Tana Toraja Welem Sambolangi' sekaligus ketua panita pembentukan DOB Toraja Barat kepada detikSulsel, Senin (25/7/2022).

Diketahui, 11 Kecamatan yang akan bergabung di Kabupaten Toraja Barat di antaranya Kecamatan Bonggakaradeng, Rano, Simbuang, Mappak, Rembon, Saluputti, Malimbong Balepe', Bittuang, Masanda, Rantetayo, dan Kurra. Ke-11 kecamatan itu sebelumnya masuk dalam wilayah Tana Toraja.


"Kita sangat optimis. Keinginan masyarakat Toraja Barat bisa segera terwujud. Kita bukannya ingin berpisah dengan Tana Toraja tapi dengan terbentuknya otonomi baru Toraja Barat itu bisa mensejahterakan masyarakat di sana," kata Welem.

Menurut Welem, syarat-syarat pembentukan Kabupaten Toraja Barat telah terpenuhi, hanya saja masih perlu kajian lebih dalam. Dalam waktu dekat panitia pemekaran juga akan melaksanakan audiens ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

"Kemudian awal bulan depan, kami telah agendakan melakukan audiens dengan Kemendagri, kita dapat undangan dan kita sudah jadwalkan itu, tentunya kita berharap kepada semua masyarakat untuk mendukung dan mendoakan usaha kita ini, semoga dapat terlaksana dengan baik," jelas Welem.

Welem juga mengungkapkan selama ini masyarakat di Toraja bagian Barat masih jauh dari sejahtera. Infrastruktur, akses pelayanan, pemerintahan, kesehatan dan pendidikan sangat masih kurang. Padahal Toraja barat memiliki berbagai potensi sumber daya alam (SDA) yang nantinya dapat menjadi pendapatan asli daerah.

"Toraja Barat memiliki potensi yang banyak seperti dari sektor perkebunan, peternakan, panorama alam, dan potensi perhutanan sosial, nanti akan dikembangkan untuk sektor ekonomi," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang warga Toraja Barat bernama Restu Tangaka mengutarakan rencana pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Toraja Barat adalah suatu langkah penting. Dirinya sangat mendukung rencana tersebut demi kesejahteraan masyarakat Toraja Barat.

BACA SELENGKAPNYA  "Hanya saja harus ada catatan bahwa pemekaran daerah ini seharusnya dikelola sebaik-baiknya untuk menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Pemuda akan bersatu mendukung rencana itu, sekaligus mengajak semua masyarakat Toraja Barat untuk menjadi bagian dari lahirnya sejarah," tandasnya.

SUMBER: detik.com


Tidak ada komentar untuk "Rencana Pemekaran Toraja Barat, 11 Kecamatan Diklaim Bakal Bergabung"